Kamis, 03 November 2016

Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam

"Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam Ketika Iran di pimpin Kekaisaran Safawiyah di era 16, sudah di bangun satu pemandian umum yang indah. Bangunan yang didirikan di Kashan ini diberi nama Sultan Amir Ahmad Bathhouse.

Pemandian di bangun dengan design langit-langit berkubah, mozaik serta lukisan indah, dan susunan bangunan paling cantik diantara pemandian-pemandian tempo dahulu yang masihlah bertahan sampai saat ini di Iran.

Sultan Amir Ahmad Bathhouse dinyatakan sebagai warisan dunia oleh Iran Cultural Heritage Department pada th. 1956. Ketentuan pemberian nama di ambil sesudah Ahmad Imamzadeh Sultan Amir dimakamkan di dekat bangunan. Walau tidak beberapa orang yang tahu mengenai hal semacam ini.

Pemandian umum ini berupa oktagonal, dengan kolam berupa sama dibagian tengah. Di sekitar kolam ada delapan tiang besar sebagai pembatas dengan tempat duduk diluar. Dan diperlengkapi dengan satu aula besar.

Sesungguhnya mulai sejak jaman peradaban kuno, tempat tinggal pemandian umum memainkan fungsi utama dalam kehidupan sosial di Iran serta hal semacam itu masihlah mereka kerjakan sampai hari ini.

Bathhouse di bangun bukanlah sebatas untuk bersihkan diri serta bersantai. Tetapi juga digunakan warga untuk berkumpul, berjumpa, bergosip bahkan juga berdoa.

Ruang paling utama dinamakan Garmkhaneh Sultan Amir Ahmad Bathhouse yang diisi sebagian pemandian air panas pribadi. Garmkhaneh tersambung ke Sarbineh yang ada di dekat kolam oktagonal oleh satu koridor yang berperan untuk meminimalisir panas serta kelembapan hawa diantara dua daerah. Koridor jadi sejenis ruang pertukaran hawa diantara Garmkhaneh serta Sarbineh.

Design interior Sarbineh dihiasi dengan ubin pirus serta emas. Dan susunan batu bata bersama lukisan yang artistik. Sedang atap pemandian terbuat dari sebagian stupa yang berupa seperti kacamata cembung. Hal semacam ini ditujukan supaya ruang memperoleh pencahayaan yang cukup, namun masih tetap terbangun kerahasiaannya dari luar.

Fenomena bathhouses sudah ada di Iran mulai sejak saat sebelumnya Islam. Tetapi sesudah masyarakat memeluk Islam, beberapa ribu pemandian umum di Iran alami kemerosotan.

Pasalnya, beberapa orang makin mengetahui pengetahuan agama. Dimana satu diantara ajarannya tentang hukum kesucian dalam membersihkan badan jadi prasyarat dalam beragama, serta lalu mandi jadi integral dari kehidupan.

Sebagian pemandian umum modern saat ini sudah diperlengkapi dengan shower serta bathub. Walau rutinitas menggunakann bathouse masihlah ada, tetapi cuma menarik dipakai waktu hari buruh saja atau cuma untuk wisatawan yang datang ke Iran.

(Sumber : Amusingplanet. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar